Header Ads

Polda Metro Jaya Siapkan Pos untuk Cek Kesiapan Pemudik di Jalur Becak

Polisi Siapkan Pos untuk Cek Kesiapan Pemudik di Jalur Becakayu


Polda Metro Jaya menyiapkan 3 pos atau check point di sepanjang jalur mudik Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Pos ini nantinya akan mengecek kesiapan dari para pemudik saat di perjalanan.

"Kita akan melakukan check point, pos pertama di Bekasi Square, di mana kita melihat cek pertama adalah kesiapan mereka akan mudik, kadang-kadang saudara kita, mudik dengan membawa barang yang cukup banyak, di mana di belakangnya ada kayu kemudian ada bungkusan dan koper disiapkan dan juga beberapa penumpang melebihi kapasitas," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, saat meninjau pos di dekat Bekasi Square, Bekasi, Selasa (6/6/2017).

Polisi Siapkan Pos untuk Cek Kesiapan Pemudik di Jalur BecakayuFoto: Kapolda Metro cek pos mudik di Bekasi (Vino-detikcom)


Iriawan mengatakan, jalur Becakayu ini biasa digunakan oleh para pengendara motor atau biasa juga disebut jalur reguler. Dia menegaskan apabila ada penumpang yang melebihi kapasitas, pihak kepolisian akan menertibkan hal itu.

"Kita akan melakukan penertiban, kita akan turunkan kemudian kita akan siapkan bus karena menyangkut keselamatan," katanya.

Iriawan menuturkan pihaknya akan menyiapkan bus bagi penumpang motor yang melebihi kapasitas. Selain itu, pos juga memberikan pelayanan kesehatan dan menyediakan makanan bagi para pemudik.

"Kemudian kita juga akan mengecek kesiapan kendaraannya apakah layak jalan atau tidak, nanti kita akan siapkan bengkel di sini. Siapkan dokter untuk cek kesehatannya, kemudian juga, kebutuhan buka puasa, kita siapkan makanan dan minuman ala kadarnya. Dengan harapan mereka akan siap menempuh jalur yang cukup jauh," tuturnya.

Sementara itu, pos untuk mengecek kesiapan pemudik ini diperkirakan akan beroperasi H-5 jelang lebaran. Sepanjang titik mudik pun ada anggota kepolisian yang berjaga dan patroli.

"Mereka diperkirakan H-5 sudah bisa berangkat karena ada liburnya cukup panjang. Kita akan pastikan, Kamis mereka sudah jalan. Kita harapkan fokus nya di tanggal 22, 23, 24. Kita akan cek jalur pengamanan, sepanjang ini 122 titik anggota yang menjaga. Setiap titik ada dua anggota. Selain itu, patroli yang kita siapkan baik roda dua atau roda empat," terang Iriawan.


Polisi Siapkan Pos untuk Cek Kesiapan Pemudik di Jalur BecakayuFoto: Kapolda Metro cek pos mudik di Bekasi (Vino-detikcom)


Tiga pos ini berada di Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Pos pertama berada di dekat Bekasi Square dengan jarak ke pos kedua 5 km yang berada di kawasan Tambun Bussines Park. Pos ketiga berada di Gedung Waringin dengan jarak 15 km dari pos kedua.

Dalam kesempatan ini juga, Iriawan bersama jajaran turut mengecek bus yang berada di terminal Cikarang. Dia memantau mengenai kesiapan dan kelayakan bus yang biasa dipakai oleh penumpang. 

No comments

Powered by Blogger.